Hanami kami

Hari ini adalah hari terakhir perjalanan saya dan Anik di Jepang, sedangkan Grandis akan meneruskan perjalanannya sendiri. Kami berdua masih memiliki waktu sampai siang karena pesawat kami dijadwalkan berangkat pukul 16.40. Waktu yang sedikit ini akan kami manfaatkan untuk mengunjungi Osaka Castle dan sekalian ber-hanami di tamannya.

20170409_080443
Minum teh di Hana Hostel

Pagi itu setelah minum teh di hostel, kami langsung check out dan membawa koper kami. Dari Shinsaibashi Station kami naik Nagahoritsurumiryokuchi Line dan turun di Osaka Business Park Station. Di stasiun ini kami menitipkan koper di locker. Tapi stasiun ini bukan stasiun besar sehingga locker yang ada hanya sedikit. Kami hampir kehabisan locker karena ada dua wisatawan yang berlari-lari mendahului kami menuju locker. Locker yang terbesar sudah habis terisi, untung koper kami berukuran cabin sehingga bisa dimasukkan ke locker ukuran sedang yang tersisa.

Tangga keluar dari Osaka Business Park Station

Taman di sekitar Osaka Castle merupakan taman umum yang biasa dimanfaatkan warga lokal untuk berolahraga di saat hari libur. Hari ini adalah hari Minggu, oleh karena itu banyak warga lokal yang beraktivitas disini. Saat kami tiba sudah banyak warga yang ber-hanami di taman. Kami membeli takoyaki di kios-kios makanan yang berjajar disana. Selain takoyaki, kami juga sudah membawa bekal makanan, antara lain onigiri, sandwich, telur rebus, wafer, dan tokyo banana.

Speedboat, salah satu aktivitas warga pada hari libur

Kami memilih tempat di dekat sungai untuk hanami. Spot-spot yang lain sudah dipenuhi warga lokal karena hari ini adalah hari Minggu. Bahkan ada yang sudah mengkapling tempat meski acara hanami tidak dilakukan pagi itu. Jadi mereka sudah menggelar alas dan ada satu orang yang bertugas untuk menunggui tempat itu. Hihihi… Mereka niat yaa…. Ya maklum saja bunga sakura mekar hanya satu tahun sekali dan full bloomnya dalam waktu yang singkat. Tidak seperti Himeji Castle, di Osaka Castle tidak banyak pohon sakura, jadi pada hari Minggu seperti ini kita harus datang lebih pagi jika ingin mendapatkan spot yang bagus untuk hanami.

Warga lokal ber-hanami

Hari ini bunga sakura sudah mulai berguguran. Saat angin menerpa kuntum-kuntum bunga semakin banyak yang gugur. Indah sekali momen ini. Kami menyantap sarapan sambil menikmati momen-momen terakhir kami di Jepang, menikmati momen-momen terakhir melihat sakura.

Hanami di tepi sungai

Setelah ber-hanami kami berjalan menuju Osaka Castle. Kali ini saya tidak masuk ke dalam karena waktu sudah siang. Kami hanya berfoto di depan kastil. Kemudian kami menyempatkan membeli oleh-oleh di toko souvenir yang ada disana. Toko ini banyak menjual souvenir yang bertema samurai seperti gantungan kunci, magnet kulkas, bolpoin, pensil, sisir berbentuk pedang samurai.

Osaka Castle

Sekarang tiba waktunya untuk pulang. Kami bertiga mengambil koper di locker, kemudian saya dan Anik naik MRT menuju Kansai Airport sementara Grandis meneruskan petualangannya solo travelling di Jepang. Alhamdulillah perjalanan ini berjalan dengan lancar. Semoga suatu saat nanti kami bisa kembali kesini…. ^_^

Goodbye for now and see you again Japan