_MG_0405

Salah satu keindahan budaya Jepang dapat kita lihat dari sosok Geisha dan Maiko, yaitu pada kimono indah yang mereka pakai serta make up dan tatanan rambut mereka yang sangat khas. Geisha/ Geiko adalah seniman penghibur tradisional Jepang, sedangkan Maiko adalah para calon yang masih mempersiapkan diri menjadi seorang Geisha/ Geiko. Sebagai seniman, mereka harus mendalami berbagai hal, mulai dari musik tradisional (shamisen), tari tradisional, budaya dan etika Jepang, serta termasuk tata upacara minum teh.

_MG_0401

Salah satu keinginan saya pada kunjungan saya ke Jepang yang kedua kalinya ini adalah melakukan Maiko makeover. Maiko Henshin Studio Shiki adalah salah satu dari beberapa studio foto makeover geisha/maiko di Kyoto. Saya memilih studio ini karena lokasinya yang sangat dekat dengan Okamoto, tempat penyewaan kimono kami, sehingga saya bisa langsung berjalan kesana setelah mengembalikan kimono di Okamoto. Selain pertimbangan lokasi, studio ini juga memiliki Japanese room sebagai lokasi photoshoot dan tarifnya pun cukup reasonable.

_MG_0395

 

 

Setelah kembali ke hostel untuk berganti pakaian saya segera berangkat ke Okamoto untuk mengembalikan kimono sebelum pukul 5 sore. Setelah beres semua urusan pengembalian kimono dan uang deposit saya dikembalikan, saya meneruskan berjalan menuju Maiko Henshin Studio Shiki yang lokasinya juga di Higashiyama tepatnya di dekat Ninenzaka stairs.

Sesampainya di studio saya diminta untuk menunggu sambil memilih empat pose foto dari sample book yang saya inginkan berdasarkan paket yang telah saya pilih. Ada beberapa opsi paket foto di studio ini, tentunya saya memilih yang paling ekonomis. Sebenarnya studio shoot plan adalah paket yang paling murah, akan tetapi saya ingin foto di Japanese room jadi saya memilih Japanese Room Plan seharga JPY 12.900.

 

_MG_0391

Tidak lama kemudian saya dipersilahkan naik menuju ruang ganti untuk berganti pakaian. Semua pakaian dan tas dimasukkan ke dalam locker yang terletak di lantai 3. Setelah mengenakan dalaman kimono berwarna putih saya turun ke lantai 2 menuju ruang make up. Disini kita akan disulap menjadi seorang maiko. Wajah saya dipoles bedak putih dan di make up. Saya agak khawatir dengan hasilnya, kira-kira wajah saya cocok ga ya dengan make up maiko ini.

IMG_7078

 

 

Proses selanjutnya adalah memasang wig. Saya memilih half wig yang lebih natural. Jika menggunakan half wig, bagian depan sanggul menggunakan rambut kita jadi terlihat lebih natural. Setelah memakai wig, saya dipersilahkan ke ruangan selanjutnya untuk memilih kimono. Saya memilih kimono warna oranye agar terlihat cerah. Kemudian saya memasuki ruangan berikutnya untuk dipakaikan kimono. Setelah kimono dipakai saya diminta untuk memilih obi yang cocok untuk kimono saya. Saya memilih obi berwarna biru dan emas. Yang terakhir adalah memasang hiasan bunga pada sanggul dan berubahlah saya menjadi seorang maiko 😉

 

_MG_0403

Fotografer mengambil foto saya sesuai dengan pose yang telah saya pilih sebelumnya. Setelah sesi foto selesai, saya diberi waktu 10 menit untuk mengambil foto sendiri. Saya meminta tolong Grandis untuk memfoto saya. Grandis dan Anik datang menyusul saya ke studio setelah mereka pulang dari Nishiki market.

IMG_7085