IMG_6744
Bamboo Groves

Hari ini kami bangun pagi-pagi sekali karena berencana untuk berangkat pukul 6 pagi ke Arashiyama. Pukul 5 pagi kami sudah bangun dan mandi kemudian mengenakan kimono. Nah.. disinilah masalahnya… ternyata mengenakan kimono itu tidak semudah mengenakan kebaya. Rumit banget sodara2!! Padahal kemarin waktu melepasnya kami sudah menyusun kimono dan tali-talinya sesuai urutan agar mudah nanti memakainya. Tapi ternyata mengenakan kimono itu ada teknik khususnya dalam menarik, melipat, dan menalikannya. Untuk memasang obi nya juga ada teknik mengikatnya. Satu jam lebih kami habiskan untuk memakai kimono, bikin stress banget ini. Akhirnya setelah satu jam yang menguras tenaga dan pikiran, kimono berhasil kami kenakan walaupun hasilnya tidak sempurna. Tapi ya sudahlah hari sudah makin siang, kami harus segera berangkat.

DSC05104
Jalan di Arashiyama

Pukul 7 pagi kami baru berangkat dari hostel. Tujuan pertama kami pagi ini adalah Arashiyama Bamboo Groves. Kami sengaja berangkat sepagi mungkin agar nanti disana lokasinya masih sepi sehingga bisa lebih bebas berfoto. Kami naik kereta Keifuku Dentetsu menuju Arashiyama Station yang terletak di bagian barat Kyoto. Sesampainya di Arashiyama Station kami berjalan ke arah kanan menuju Bamboo Groves.

IMG_6700

IMG_6694

Pagi ini cuaca mendung sehingga bamboo groves terlihat agak gelap karena cahaya yang sedikit tertutup pohon-pohon bambu yang cukup rapat. Saat pertama kali tiba lokasi ini masih sepi, tapi tidak lama kemudian, wisatawan-wisatawan lain berdatangan sehingga membuat agak sulit untuk berfoto. Selain wisatawan, disini juga ada beberapa pasangan yang melakukan foto pre wedding, diantaranya ada pasangan Indonesia.

IMG_6671

Tujuan kami berikutnya adalah Togetsukyo Bridge yang lokasinya berlawanan arah dengan Bamboo Groves. Kami berjalan kembali ke Arashiyama Station dan mampir dulu untuk membeli makanan karena kami nanti akan ber-hanami. Dari Arashiyama Station kami berjalan ke arah kiri menuju Togetsukyo Bridge. Hujan tiba-tiba turun agak deras waktu kami berjalan, tapi kami terus berjalan menembus hujan menyeberangi Togetsukyo Bridge.

DSC05113
Togetsukyo Bridge

Togetsukyo Bridge adalah landmark paling iconic di Arashiyama. Jembatan kayu sepanjang 155 meter yang membelah Sungai Katsura ini pertama kali dibangun pada masa Heian Period (794-1185). Nama jembatan ini, yaitu Togetsu memiliki arti harfiah “Moon Crossing” yang berasal dari kisah Emperor Kameyama (Kamakura Period, 1185 s.d. 1333) pada saat pergi berperahu di bawah bulan purnama, Emperor berkata bahwa bulan terlihat seperti menyeberangi jembatan. Jembatan ini terlihat menarik dengan background bukit yang dipenuhi pohon-pohon yang diantaranya adalah pohon sakura yang sedang mekar bunganya.

IMG_6778
Hanami di tepi sungai

Sesampainya di seberang sungai, hujan berhenti. Alhamdulillah kami bisa ber-hanami juga nih. Kami memilih tempat di tepi sungai Katsura di bawah pohon sakura dan menggelar alas, kemudian duduk menikmati makanan sambil melihat bunga sakura yang sedang mekar sempurna. Hujan yang baru saja turun membuat cuaca berkabut sehingga suasananya menjadi syahdu. Pemandangan Togetsukyo Bridge dengan background bukit dengan pohon sakura yang terselimuti kabut tipis sungguh merupakan pemandangan yang indah.

IMG_6814
Togetsukyo Bridge and Cherry Blossoms
IMG_6899
Di atas jembatan
IMG_6905
Salah satu sudut Arashiyama