Yasaka Pagoda

Hari ini adalah waktunya mengexplore Kyoto dengan berkimono. Seorang teman saya (Grandis) akan tiba di Osaka siang ini. Kami berjanji akan bertemu di Yasaka Pagoda sesampainya dia di Kyoto. Kami semua akan menyewa kimono di Okamoto Kimono. Okamoto memiliki beberapa cabang di Kyoto. Saya memilih untuk menyewa di Yasakanotomae Shop karena lokasinya persis di sebelah Yasaka Pagoda. Jadi nanti kami bisa sekalian berfoto dengan latar belakang Yasaka Pagoda. Untuk menuju lokasi penyewaan kimono ini kami naik bus nomor 207 dari Shijo Kawaramachi dan turun di Kiyomizumichi, kemudian berjalan ke arah Yasaka Pagoda.

Sebelum ber-kimono
Setelah ber-kimono

Saya memilih rental kimono di Okamoto karena kimono yang kita sewa bisa dikembalikan keesokan harinya paling lambat pukul 17.00. Kebanyakan tempat rental kimono mengharuskan kita mengembalikan kimono pada sore hari. Jadi waktunya sedikit sekali untuk berkimono karena toko sewa rental kimono baru buka pukul 09.00. Okamoto memberikan beberapa opsi untuk pengembalian kimono. Yang pertama adalah langsung mengembalikan ke toko pada hari yang sama sebelum pukul 18.30. Yang kedua adalah mengembalikan kimono di penginapan kita (harus di Kyoto) dengan charge mulai dari JPY 1000 s.d. JPY 2000. Ketiga, adalah mengembalikan ke toko pada hari berikutnya sebelum pukul 17.00 dengan memberikan deposit JPY 10.000 dan free charge. Opsi ketiga adalah yang paling menguntungkan karena kita bisa menggunakan kimono tersebut selama dua hari dengan catatan pada hari kedua kita harus memakai sendiri kimononya. Hehehe… cukup menantang ya… mengingat kami tidak ada yang pernah memakai kimono sendiri. Harga sewa kimono saat peak season begini adalah JPY 5000 per set. Sedangkan untuk hair set harganya adalah JPY 500.

Kinkakuji (Golden Pavilion)

Setelah memakai kimono, kami memanfaatkan waktu sebelum teman saya datang untuk mengunjungi Kinkakuji. Kami naik bus dari Kiyomizumichi menuju Kinkakuji. Perjalanan menuju Kinkakuji ini hampir menghabiskan waktu satu jam.

DSC05077 (2)
Berkimono di Kinkakuji

Kinkakuji yang disebut juga Golden Pavilion adalah kuil Zen yang berada di utara Kyoto yang dua lantai atasnya ditutup lapisan emas. Kuil ini dulunya adalah vila peristirahatan Shogun Ashikaga Yoshimitsu, dan berdasarkan keinginannya tempat ini dijadikan kuil Zen setelah beliau meninggal pada tahun 1408.

Tea Garden

Setelah turun dari bus, kami menyeberang jalan dan berjalan menuju gerbang Kinkakuji. Tiket masuknya adalah JPY 400. Begitu melewati gerbang kita akan melihat kuil Kinkakuji ini dari seberang kolam. Kolam ini cukup luas dan sangat khas Jepang. Setelah puas berfoto dengan background kuil di seberang kolam kami berjalan melalui jalan setapak yang mengelilingi area Kinkakuji. Kemudian kami melewati sebuah tea garden kecil dimana kita bisa menikmati secangkir matcha tea. Selain itu ada juga Fudo Hall, sebuah kuil kecil yang merupakan rumah dari patung Fudo Myoo, salah satu dari Five Wisdom Kings dan pelindung agama Budha.

Fudo Hall
Yasaka Koshin-do
Kukurizaru

Selesai mengelilingi Kinkakuji kami segera kembali ke Yasaka Pagoda untuk bertemu teman saya, Grandis. Disana dia sudah menunggu kami dengan mengenakan kimono. Sebelum hunting sakura kami mampir dulu ke Yasaka Koshin-do, sebuah kuil kecil yang terletak di dekat Yasaka Pagoda. Gerbang kuil ini berwarna orange terang, di dalamnya digantungkan Kukurizaru, yaitu bola-bola kain warna-warni sebagai persembahan dan penyampaian keinginan seseorang. Kuil ini memiliki cara yang unik dalam bersembahyang, orang-orang menuliskan doa dan harapannya di kukurizaru dan menggantungkannya. Ada kepercayaan bahwa jika kita melepaskan ketamakan kita maka salah satu keinginan atau harapan kita akan terkabul. Kukurizaru yang digantung ini membuat kuil ini jadi sangat colorful dan fotogenik untuk difoto.

Pintu masuk Yasaka Koshin-do
Doa dan harapan dituliskan disini