Himeji Castle

Hari ini rencana perjalanan kami adalah ke Himeji Castle di Himeji dan Todaiji Temple di Nara. Dua kota ini memang tidak searah, tapi mengingat waktu kami di Jepang yang singkat jadi saya usahakan agar bisa mencapai dua tujuan ini dalam satu hari. Semoga terlaksana yaa…

20170405_071834
Willer Bus

Tadi malam kami naik Willer bus dari Shinjuku, Tokyo ke Osaka. Bus ini berangkat pukul 23.45 dan sampai di Osaka pukul 07.25 pagi. Sebelumnya kami pergi ke Akihabara dulu untuk membeli oleh-oleh gundam buat Rendra (anakku satu2nya) di Yodobashi Camera. Bus Willer ini berhenti di Willer bus terminal Osaka Umeda, dari sini kami berjalan sekitar 10 menit ke Osaka Station. Sesampainya di Osaka Station kami langsung cuci muka (ga pake mandi) dan menyimpan koper di locker. Setelah itu kami membeli JR Kansai Area Pass untuk satu hari. Harga one day pass ini jika membeli di Jepang adalah JPY 2300, sedangkan jika membeli di luar Jepang adalah JPY 2200. Pass ini bisa digunakan di Kansai Area mulai dari Nara, Kyoto, Osaka, Kobe sampai Himeji.

Himeji Station

Kami naik JR Special Rapid Service ke Himeji. Perjalanan ditempuh sekitar satu jam. Sesampainya di Himeji Station kami langsung menuju Tourist Information untuk menanyakan bus ke Himeji Castle. Petugas tourist information mengatakan bahwa Himeji Castle bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 20 menit atau dengan menaiki bus. Bus stopnya berada persis di seberang Tourist Information ini. Disini kami juga diberi postcard bergambar Himeji Castle. Berhubung kami ingin menghemat tenaga dan waktu, maka kami memilih naik bus dong. Cuma JPY 100 ini.

White Heron Castle

Himeji Castle, juga dikenal dengan nama White Heron Castle (Shirasagijo) karena warnanya yang putih dan keeleganannya. Kastil ini merupakan kastil yang paling spektakuler di Jepang karena ukurannya yang besar dan keindahannya. Kastil ini selain merupakan Japan’s national treasure juga sudah ditetapkan sebagai world heritage site. Tidak seperti kastil-kastil lain di Jepang, kastil ini tidak pernah hancur karena perang, gempa bumi atau kebakaran. Kastil ini pertama kali dibangun pada tahun 1400 dan sudah diperluas oleh beberapa klan yang menguasai wilayah ini. Kompleks kastil yang berdiri sekarang ini selesai dibangun pada tahun 1609 sehingga sudah berumur lebih dari 400 tahun dan tetap bertahan sampai sekarang sebagai salah satu dari dua belas original castles.

Bunga sakura belum mekar sempurna tapi sudah banyak yang ber-hanami

Bunga-bunga sakura sudah terlihat saat kami memasuki gerbang luar kompleks Himeji Castle. Di dalam kompleks ini terdapat taman luas yang dikelilingi pohon-pohon sakura. Sayangnya pada hari itu bunga sakura belum mekar sempurna, ada beberapa yang masih berbentuk kuntum. Kastil ini adalah salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan dikunjungi pada saat musim sakura. Keindahan kastil ini semakin bertambah dengan pohon sakura yang mekar disekelilingnya. Warga lokal banyak yang ber-hanami disana.

Jalan menuju kastil

Harga tiket masuk ke dalam Himeji Castle adalah JPY 1000 yen. Untuk masuk ke dalam kastil ini kami mengantri dulu karena harus bergantian masuknya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian kastil agar tidak mudah rusak karena pengunjung yang terlalu banyak. Sebelum masuk, sepatu harus dilepas dan dimasukkan tas plastik dulu. Bagian luar dan dalam kastil ini masih asli, jadi untuk mencapai lantai paling atas kita harus naik tangga kayu yang cukup curam. Ini nih yang bikin lama dan capek. Tapi senang sekali bisa melihat struktur bangunan kastil yang masih asli ini.

Bagian dalam Himeji Castle

Setelah keluar dari kastil, kami segera kembali ke stasiun untuk menuju tujuan kami selanjutnya… Nara.

Himeji Castle dan sakura yang indah