picsart_11-25-03-14-37

Sebelum berangkat ke Jepang, saya sudah browsing mengenai perbedaan antara Tokyo Disney Sea dan Tokyo Disneyland. Berhubung harga tiketnya cukup mahal, saya mempertimbangkan untuk memilih salah satu saja. Tapi semakin saya browsing, semakin saya bingung. Tokyo Disney Sea hanya ada di Jepang, jadi harus kesana dong. Tapi Disneyland sepertinya juga menyenangkan mengingat kenangan saya di Hongkong Disneyland. Kebanyakan teman2 saya juga belum pernah ke Disneyland, jadi kasian juga kalo tidak kesana. Akhirnya setelah mempertimbangkan masak2, saya memutuskan untuk pergi ke dua tempat itu selama dua hari berturut-turut. Yah… daripada menyesal nanti.

dsc_0955
You can’t buy happiness, but you can buy a ticket to Disneyland

Saya berjanji bertemu dengan teman-teman yang tidak ikut ke Shibuya di Akihabara Station. Disitu kami menitipkan belanjaan tokyo banana di locker. Dari Akihabara Station kami naik Tokyo Metro Hibiya Line  for NAKA-MEGURO dan turun di HATCHOBORI(TOKYO) Station. Kemudian naik JR Keiyo Line Local  for KAIHIMMAKUHARI dan turun di Maihama Station. Setelah itu kami berjalan kurang lebih 5 menit ke Resort Gate Way. Disini kami naik Disney Resort Line dan turun di Disney Sea atau Disneyland. Kami membeli two day pass seharga 12.400 yen untuk masuk ke Disney Sea dan Disneyland.

Tokyo Disney Sea

dsc_0781

Tidak ada kastil di Tokyo Disney Sea. Jadi kalau kalian merasa harus berfoto di depan kastil datanglah ke Disneyland. Sebelum pintu masuk Disney Sea ada bola dunia raksasa yang berputar. Kemudian setelah masuk ke dalam kita akan melihat Mount Prometheus, gunung berapi yang mengeluarkan erupsi pada waktu-waktu tertentu sepanjang hari. Mount Prometheus dan laut dibawahnya adalah pusat dan icon dari theme park ini. Jadi wajib hukumnya berfoto disini. Terdapat tujuh area di Disney Sea yaitu Mediterranean Harbor, American Waterfront, Port Discovery, Lost River Delta, Arabian Coast, Mermaid Lagoon, and the Mysterious Island. Berikut adalah hal-hal menarik yang ada di Disney Sea:

  1. Permainan yang lebih seru

Permainan / rides disini lebih memacu adrenalin. Lebih banyak permainan untuk orang dewasa daripada untuk anak-anak. Mulai dari the Tower of Terror sampai the Indiana Jones Adventure: Temple of the Crystal Skull. Selain itu juga ada Journey to the Center of the Earth ride.

631_main_visual_name_2
Journey to the Center of the Earth – foto diambil dari web Tokyo Disney Resort

2. Lebih banyak pengunjung orang dewasa daripada keluarga atau anak-anak.

Pengunjung disini kebanyakan adalah remaja dan orang dewasa. Kita akan sering menjumpai pasangan yang memakai baju kembaran dan sekelompok remaja yang memakai pakaian bertema Disney.

dsc_0907

3. Seperti berada di Middle East

Setiap area di theme park ini didesain dengan baik dan menarik. Kita akan merasa berada di negara lain. Berjalan-jalan disini membuat kita seperti berada di sebuah kota di middle east.

dsc_0796

4. Venice Experience.

Disini ada area Venetian lengkap dengan kanal-kanal dan gondolanya. Jadi kalo ingin merasakan naik gondola di Venezia tapi belum kesampean, bisa coba disini dulu.

dsc_0909

5. Boat Parade

Parade yang ditampilkan disini berbeda dari Disneyland. Di Disney Sea parade dilakukan di laut. Mickey Mouse, Donald Duck dan kawan-kawan menari-nari di atas boat warna warni.

dsc_0828

6. Karakter Disney berkostum tema adventure

Karakter-karakter Disney di Disney Sea menggunakan pakaian yang berbeda dari biasanya, pakaian yang mereka kenakan bertema adventure. Jika ingin berfoto bersama karakter Disney datanglah ke area Mickey and friends greetings trail. Setiap orang hanya boleh berfoto satu kali saja.

20150610_170751

20150610_172350

20150610_161756

7. Satu-satunya di dunia

Jika Disneyland ada di berbagai negara antara lain Hongkong, Jepang, Amerika, Perancis, Disney Sea hanya ada di Jepang.

dsc_0922

 

Tokyo Disneyland

dsc_0971b

Hari berikutnya kami mengunjungi Tokyo Disneyland. Jika kalian ingin merasakan magical feeling datanglah ke Disneyland. Disini kita akan merasa kembali ke masa kecil yang bahagia. Ada tujuh area di Disneyland yaitu World Bazaar (basically Main Street U.S.A.), Tomorrowland, Toontown, Fantasyland, Critter County, Westernland dan Adventureland. Mengunjungi Disneyland selalu membuat saya bahagia, apalagi saat melihat paradenya. Berikut adalah hal-hal menarik yang ada di Disneyland:

  1. Cinderella’s Castle

Berfoto dengan latar belakang Cinderella’s Castle adalah hal yang harus dilakukan jika ke Disneyland karena ini adalah icon Disneyland. Kita bisa memasuki kastil ini, di dalamnya ada lukisan dan pernak pernik Cinderella.

dsc_0022a

2. Disney Parade

Parade dilakukan dua kali yaitu pada sore hari dan malam hari. Jangan sampai melewatkan kedua parade ini. Tujuan utama saya mengunjungi Disneyland  adalah melihat paradenya. Setiap kali saya melihat parade Disney entah kenapa selalu membuat saya bahagia. Parade yang berlangsung malam hari adalah electrical parade dream light. Lihatlah jadwal pada brosur jam berapa parade akan dimulai. Sekitar 30 menit sebelum dimulai carilah tempat duduk yang paling depan supaya gampang mengambil foto.

dsc_0271a

dsc_0759

3. Lebih banyak permainan untuk anak-anak

Jika kalian membawa anak-anak maka kalian harus memilih Disneyland. Di Disney Sea lebih banyak permainan untuk orang dewasa, sementara di Disneyland permainannya lebih banyak ditujukan untuk anak-anak. Permainan yang cukup seru untuk orang dewasa di Disneyland adalah Big Thunder Mountain, yaitu kereta tambang yang melaju cepat melintasi gua.

dsc_0317a

4. Toontown

Toontown adalah sebuah area yang berisi rumah-rumah karakter Disney. Ada rumah Mickey, Minnie, Goofy, Daisy, dll yang di dalamnya lengkap dengan perabotan yang cute. Semua anak pasti menyukainya, saya saja yang sudah dewasa juga menyukainya.

dsc_0589

dsc_0548

5. Has the Disney Feel

Jika ingin benar-benar merasakan fantasy masa kecilmu menjadi kenyataan memang Disneyland lah tempatnya. Disney Sea tidak terasa seperti Disney Theme Park sampai kalian melihat karakter Disney.

dsc_0533

6. Lebih banyak karakter Disney

Pada pagi hari saat taman dibuka, di gerbang masuk kita akan disambut karakter-karakter Disney yang menyediakan waktu untuk berfoto bersama. Tentunya kita harus sabar mengantri untuk berfoto bersama. Setiap orang hanya boleh berfoto satu kali menggunakan satu kamera saja. Kita harus memilih mau foto sendiri-sendiri atau satu grup, tidak boleh dua-duanya. Jadi berbeda dengan Disneyland Hong Kong yang membolehkan kita berfoto berkali-kali dengan berbagai gaya dan menggunakan lebih dari satu kamera.

20150611_134522

20150611_135455

20150611_124846

7. Spectacular Fireworks

Pertunjukan fireworks adalah sebuah penutupan sempurna kunjungan kita di Disneyland. Tidak ada fireworks di Disney Sea. Jadi jika ingin melihat pertunjukan kembang api di atas kastil diiringi musik Disney Songs maka datanglah ke Disneyland.

dsc_9715-766x1024
Fireworks – foto diambil dari google

Jadi theme park manakah yang harus kalian pilih? Itu tergantung kalian sendiri. Jika membawa anak-anak atau ingin mewujudkan fantasy masa kecilmu pergilah ke Disneyland. Jika ingin permainan yang lebih seru dan menegangkan pergilah ke Disney Sea. Tapi jika kalian bingung seperti saya, maka alokasikan waktu dan dana lebih untuk mengunjungi keduanya, because…. Happiness is Here!