20150609_101824
Hozomon Gate

Kemarin malam kami sampai di Shinjuku, Tokyo sekitar pukul 19.00. Kami menginap di Khaosan World Asakusa Hostel yang terletak di daerah Asakusa. Tarif hostel ini adalah 2600 JPY per orang per malam untuk kamar female dorm. Untuk menuju hostel ini dari Shinjuku kami naik JR Yamanote Line kemudian turun di Akihabara Station. Di Akihabara kami berpindah line ke Tsukuba Express Line dan turun di Asakusa Station.

dsc_0619
Main Hall Sensoji Temple

Pagi ini kami akan mengunjungi Sensoji Temple, sebuah kuil Budha yang terletak di Asakusa. Kami berjalan kaki dari hostel ke Sensoji, cukup dekat kok. Menurut legenda, pada tahun 628 ada dua saudara laki-laki yang mengail patung Kannon, The Goddess of Mercy, dari Sumida River. Walaupun mereka mengembalikan patung itu ke sungai, patung itu selalu kembali pada mereka. Oleh karena itu dibangunlah Sensoji Temple di sekitar situ untuk menyembah Dewa Kannon. Kuil ini selesai dibangun pada tahun 645 yang merupakan kuil tertua di Tokyo.

dsc_0661
Kaminarimon

Terdapat dua gerbang untuk menuju Sensoji Temple. Yang pertama adalah Kaminarimon (Kaminari Gate) yang dibangun lebih dari 1000 tahun yang lalu dan merupakan simbol dari Asakusa. Sebuah shopping street sepanjang 200 meter yang bernama Nakamise Shopping Street  berada di antara Kaminarimon sampai gerbang kuil kedua (Hozomon Gate). Sungguh menyenangkan berbelanja disini sampai kami menghabiskan waktu yang cukup lama untuk berbelanja souvenir. Di Jepang semua memang serba mahal, termasuk souvenir. Jika punya waktu banyak bandingkanlah harga antara satu toko dan toko lainnya karena berbeda-beda harganya. Carilah harga termurah, rata-rata harga jualnya sudah net, tidak bisa ditawar lagi. Disini saya membeli piring pajangan, snow ball, magnet kulkas, dan kaos. Selain menjual souvenir, beberapa kios juga menjual snack tradisional yang menggugah selera.

dsc_0657
Nakamise Shopping Street
dsc_0142
Puas belanja disini

Di balik Hozomon gate berdirilah hall utama Sensoji Temple dan sebuah five storied pagoda. Bangunan ini pernah hancur karena perang dan dibangun kembali.

20150609_100024_lls
Five storied pagoda

Oya, ada satu toko tempat membeli souvenir yang cukup murah karena sistemnya grosir. Toko ini terletak di daerah Kuramae, namanya 鈴梅. Alamatnya di 東京都台東区蔵前3丁目12−9‎03-3864-1413 Sebenernya toko ini bukan souvenir shop untuk turis. Tapi kita bisa membeli disini asalkan membeli grosir. Jadi untuk satu jenis barang harus membeli 10 buah. Cara menuju toko ini adalah naik Toei Subway Asakusa Line dari stasiun Asakusa (Tobu/Subway) turun di stasiun Kuramae. Kemudian keluar di exit A4. Lalu telusuri Edo-dori ke sebelah kiri (ke arah Asakusa, bukan ke arah Asakusabashi). Toko itu hanya berjarak sekitar 5 rumah dari pintu A4 Kuramae Station.

Di depan toko ini ada tulisan “This is not a souvenir shop” dan pegawainya akan menyodorkan papan tulisan “pembelian minimal 10 buah per jenis barang” yang ditulis dalam beberapa bahasa. Souvenir yang dijual disini memang tidak terlalu variatif, tapi lumayan buat beliin oleh-oleh orang kantor yang banyak itu. Jadi bisa lebih hemat daripada jika membeli di Nakamise. Sedangkan untuk souvenir yang tidak dijual disini seperti kaos, snow ball dan piring pajangan saya beli di Nakamise.

dsc_0685
Toko oleh oleh di Kuramae

Setelah urusan membeli souvenir selesai, kami mau makan siang dulu. Teman saya mendapat brosur tempat makan di daerah Asakusa, salah satunya adalah Naritaya yang menjual ramen halal. Wah mumpung ada ramen yang halal nih harus dicoba. Setelah menemukan kiosnya kami masuk dan disambut pemilik kios. Yang tidak disangka pemilik kios menawarkan ramen gratis untuk kami. Seriuuss nih???

20150609_143627
Kios ramen halal Naritaya

Ternyata emang beneran nih ramen gratisnya. Jadi ceritanya, kios ini akan kedatangan kru Televisi yang akan meliput makanan disini. Sebenernya pamilik kios sudah mengundang beberapa temannya untuk makan disini, akan tetapi mereka berhalangan datang. Jadi rezeki kami ini dapat makan gratis plus bakal masuk TV Jepang. Hehehe… Ya walopun kami juga ga lihat siarannya nanti. Harga ramen ini kalo bayar adalah 700 JPY per porsi. Setelah kru TV datang, ramen untuk kami disajikan dan kami dipersilakan makan sambil dishooting. Enak ramennya. Apalagi gratis, jadi lebih enak deh…

20150609_143302
Siap-siap makan ramen gratis
20150609_150625
Ini nih penampakan ramennya