DSC_0042
Praca de Ferreira do Amaral

Bus adalah moda transportasi utama di Macau. Oleh karena itu kalo mau ngirit harus naik bus kemana-mana. Tarif bus kota sekali naik adalah MOP 3,2 untuk rute di wilayah Macau Peninsula. Sedangkan untuk rute dari Macau Peninsula ke Taipa adalah MOP 4,2. Kita tidak perlu takut untuk keliling Macau naik bus. Caranya hampir sama dengan di Hong Kong. Tapi kalo di Hong Kong transportasi utamanya adalah MTR, sedangkan di Macau adalah bus. Jadi kita benar-benar bergantung pada moda transportasi ini. Caranya adalah sebagai berikut:

Halte bus
Halte bus

1. Minta peta Macau di tourism office dan tanyakan nomor bus menuju tempat yang ingin kita datangi.  Sebaiknya kita membuat ittinerary dulu secara pasti. Jadi kita bisa langsung menanyakan semua nomor bus sesuai rute ittinerary kita. Oya, jangan lupa tanyakan di halte mana kita harus turun.

2. Menunggu bus di halte. Di setiap halte terdapat keterangan nomor-nomor bus yang lewat di halte tersebut, berikut dengan rute setiap nomor bus. Cek dulu apakah bus yang akan kita naiki melewati halte tersebut. Kemudian cek juga rute bus, apakah tempat tujuan kita tertera di rute bus yang akan kita naiki.

3. Naik bus sesuai dengan nomornya. Bayar di pintu depan dengan uang pas karena tidak ada kembalian.

4. Perhatikan pengumuman di speaker nama halte yang akan dilewati berikutnya. Selain diumumkan di speaker, nama halte berikutnya juga tertulis di layar yang terletak di depan. Jika nama halte yang kita tuju sudah kita dengar dan tertulis di layar, maka tekanlah tombol yang terletak di tiang samping kursi penumpang. Bus tidak akan berhenti jika kita tidak menekan tombol.

5. Setelah bus berhenti, turunlah dari bus dari pintu tengah.

ada layar petunjuk halte berikutnya di atas
ada layar petunjuk halte berikutnya di atas

Jika kita tidak sempat menanyakan nomor bus pada petugas tourism office kita juga tidak perlu khawatir karena peta Macau dan rute bus nya cukup mudah dipelajari. Yang penting kita sudah memiliki peta Macau dari tourism office. Berikut caranya:

1. Di peta Macau ini terdapat lokasi halte bus dan disampingnya tertulis nomor bus yang melewati halte itu. Untuk menuju tempat tujuan, kita lihat halte terdekat dari tempat tujuan kita, bus nomor berapa saja yang melewati halte itu.

2. Kemudian periksa apakah bus yang melewati halte tempat tujuan itu juga melewati halte tempat kita berangkat. Jika tidak berarti kita harus berganti bus. Memang untuk menuju suatu tempat seringkali kita harus berganti bus dua kali.

3. Lalu kita cari saja halte bus yang dilewati bus dari tempat kita berangkat dan bus dari tempat tujuan kita. Itulah nanti halte tempat kita berganti bus. Ada sebuah tempat bernama Praca de Ferreira do Amaral yang merupakan halte besar tempat hampir semua bus melewatinya. Dari tempat kalian berangkat turun saja disini, nanti di halte ini banyak pilihan bus menuju hampir semua tempat wisata di Macau.

Oya, di peta Macau juga terdapat keterangan nomor seluruh bus beserta rute lengkapnya. Jika ingin melihat rute bus secara lengkap juga bisa disini.

Selain bus kota, di Macau juga terdapat shuttle bus milik hotel-hotel besar yang gratis. Shuttle bus ini bisa kita jumpai di Ferry Terminal dan airport. Hotel-hotel yang memiliki free shuttle bus antara lain adalah The Venetian, City of Dreams, Wynn Hotel, Lisboa/Grand Lisboa, dan Starworld Hotel. Bus tersebut akan mengantar kita menuju hotel mereka. Jadi kita bisa menggunakan jasa bus ini dari hotel ke hotel dengan cara transit di Ferry Terminal. Akan tetapi saya lebih suka menggunakan bus kota karena tidak ribet dan harganya pun cukup murah. Selamat jalan-jalan mengelilingi Macau dengan menggunakan bus…..

DSC_0742
Praca de Ferreira do Amaral di malam hari