Jembatan Ampera, foto diambil dari Restoran Riverside
Jembatan Ampera, foto diambil dari Restoran Riverside

Seminggu setelah pulang dari Makassar, saya mendapat kesempatan untuk bertugas ke Palembang bersama boss saya untuk menghadiri sebuah acara kantor yang diselenggarakan disana selama dua hari. Karena belum pernah kesana maka saya gembira dan bersemangat sekali. Pesawat yang kami tumpangi tiba di Palembang malam hari karena sebelumnya transit dulu di Jakarta. Malam itu kami langsung menuju hotel dan beristirahat. Kami menginap di Hotel Aryaduta yang merupakan tempat acara akan dilaksanakan besok.

Besok siang pada saat break saya dan beberapa rekan yang semuanya ibu-ibu pergi hunting kain khas Palembang. Memang kami mencuri-curi waktu di saat break karena waktu kami disini sangatlah sedikit dengan jadwal yang cukup padat. Kami pergi diantar oleh sopir ke toko kain Al Fikri di daerah Tangga Buntung. Berbagai macam kain dijual di toko ini, mulai kain motif songket yang per meternya seharga Rp60 ribu sampai kanin songket beneran yang harganya mencapai puluhan  juta. Dan sayaa… tentu saja memilih kain motif songket seharga Rp60 ribu tadi. Hahaha…. Selain songket ada juga kain batik dengan motif khas Palembang, harganya Rp150 ribu per potong (2 meter). Kemudian ada juga kain jumputan yang juga menjadi khas dari Palembang. Disini saya membawa pulang satu kain motif songket, satu kain songket yang murah seharga Rp250 ribu, serta tiga kain batik motif Palembang, yaitu untuk saya, suami, dan mama.

Foto di Restoran Riverside
Udah sah ke Palembang-nya

Malamnya kami diundang makan malam di Restoran Riverside yang lokasinya tepat di pinggir Sungai Musi dengan pemandangan Jembatan Ampera yang menjadi icon Kota Palembang. Belum sah ke Palembang kalo belum foto dengan background Jembatan Ampera. Kami kesana menaiki bus yang sudah disediakan panitia. Sesampainya disana kami pun berfoto bersama rombongan perwakilan jatim dengan latar belakang Jembatan Ampera yang dihiasi lampu warna-warni. Panitia juga menyediakan fotografer untuk memfoto setiap rombongan. Usai makan malam dan acara nyanyi-nyanyi di panggung, kami diajak naik sebuah kapal yang cukup besar untuk menelusuri Sungai Musi. Yippeeee…… Kapal ini membawa kami melewati kolong Jembatan Ampera kemudian kembali lagi ke restoran Riverside tempatnya bersandar.

20140410_214712
Di atas kapal menyusuri Sungai Musi
ini nih dalamnya kapal
ini nih dalamnya kapal