Beijing Olympic Park
Beijing Olympic Park

Tujuan kami berikutnya adalah Beijing Olympic Park. Sekitar pukul 4 sore kami sampai di Beijing dan diturunkan oleh minivan di Yonghegong Station, kemudian kami naik subway line 2 dan turun di Guloudajie dan berganti ke subway line 8. Kami turun di Olympic Sports Center Station dan keluar di Exit B. Di Beijing Olympic Park ada dua bangunan yang dapat kita lihat, yaitu Beijing National Stadium (Bird Nest) dan Beijing National Aquatics Center (Water Cube).

image
Pintu masuk Beijing Olympic Park

Beijing National Stadium (Bird Nest)

image
Beijing National Stadium

Beijing National Stadium disebut Bird Nest karena tiang penyangga stadion ini membentuk seperti sarang burung.  Tiang penyangga yang dibuat memiliki desain khusus, walaupun terkesan tidak beraturan, namun tiang-tiang yang bersambungan tersebut tetap diperhatikan ukurannya, baik panjang lebar, tinggi dan letak tiang tersebut, sehingga tetap dapat menopang stadion. Stadion ini memiliki luas 260.000 meter persegi, dengan lapangan hijau dan kursi yang tertata rapi. Kapasitas dari stadion ini dapat menampung sekitar 91.000 pengunjung. Stadion ini pernah dijadikan tempat olimipiade di beijing pada tahun 2008 lalu.

image
Olimpiade 2008

Pada waktu kami sampai disini cuaca masih terang, kami pun berfoto-foto di depan bangunan ini. Jalan dari pintu keluar stasiun kesini cukup jauh, pokoknya kalo di Beijing harus kuat jalan jauh deh… Untuk masuk ke dalam stadion ini harus membayar tiket masuk CNY50 per orang. Stadion ini buka mulai pukul 09.00 s.d. 18.00, oleh karena itu kami tidak masuk kedalamnya karena pada waktu itu sudah sore. Setelah puas foto-foto di depan Bird Nest, kami pun pindah ke bangunan di sebelahnya, yaitu…

Beijing National Aquatics Center (Water Cube)

image

Dinamakan Water Cube karena bentuknya kubus transparan, dengan warna biru air yang terang. Bangunan ini merupakan salah satu bangunan yang didirikan untuk ajang Olimpiade di Beijing tahun 2008. Pada malam hari, penampakan bangunan Water Cube ini sangat keren. Cahaya lampu yang berwarna putih dan biru berpadu dengan warna air di kolam yang ada di dalam Water Cube ini, menghasilkan spektrum warna biru cerah yang luar biasa. Water Cube ini mampu menampung sekitar 17.000 penonton, dengan arena untuk olahraga air seluas 7.000 meter persegi. Dengan tinggi bangunan yang mencapai 31 meter, anda dapat melihat cahaya biru terang dari bangunan unik ini dari jarak ratusan meter. Kami tidak masuk ke dalam Water Cube ini, cukup melihat keunikannya saja dari luar. Jika ingin masuk harus membayar tiket masuk CNY 30 per orang.

Rendra & Nouri
Rendra & Nouri

Setelah berfoto-foto di depan Water Cube, kami menunggu hari gelap di taman dekat Water Cube. Kami memang sengaja menunggu hari menjadi gelap agar lampu-lampu di kedua bangunan tersebut menyala sehingga dua bangunan itu menjadi semakin indah. Sambil menunggu, rendra bermain mobil-mobilan yang kami bawa dari rumah, yakni Tayo (the little bus) dan Nouri taxi (temennya Tayo). Kemana-mana kami memang membawa dua mainan itu supaya kalo lagi bosen rendra bisa mainan dan ga rewel.

Oh ya, sedikit cerita tentang toilet umum di Beijing. Waktu menunggu di Beijing Olympic Park saya sempat menggunakan toilet umum disana. Toiletnya berbentuk bilik-bilik kecil yang sangat banyak (jadi ga perlu ngantri). Memang seperti cerita- cerita yang pernah saya dengar sebelumnya, kebanyakan toilet di Beijing memang jorok dan bau pesing. Oleh karena itu saya selalu menyiapkan masker dan gel pencuci tangan dettol jika mau ke toilet. Jadi saya teteskan dettol ke atas masker, trus dipake deh maskernya pas mau masuk toilet. Lumayanlah mengurangi bau pesing yang kita hirup diganti dengan bau dettol. Kebanyakan toilet umum di Beijing sudah menggunakan sistem flush otomatis, jadi begitu kita buang air langsung diguyur secara otomatis dan ada busa sabunnya di air flush-nya itu. Tapi meski udah otomatis gitu kok tetep bau pesing aja yaa. Bingung…

Setelah menunggu cukup lama, jam 7 malam hari baru gelap dan lampu-lampu pun menyala….

dsc_0671
Cantik kan kalo lampunya udah nyala
Buih-buih air berwarna biru
Buih-buih air berwarna biru

Indah bukan….? Ga sia-sia lah nungguin lama disini. Penampakan kedua bangunan itu emang keren banget di malam hari pada saat lampu-lampunya menyala.

dsc_0636
Gemeeess
dsc_0633
My cute little boy