Loh Dalum Bay, Phi Phi Don
Loh Dalum Bay, Phi Phi Don

Setelah puas mengeksplor Phuket Town, kami kembali ke guesthouse untuk menunggu jemputan minivan. Pukul 13.00 minivan datang menjemput kami di guesthouse. Sesampainya di Rassada Pier kami diberi stiker yang ditempel di baju dan dipersilakan masuk ke kapal ferry. Perjalanan dari Rassada Pier ke Phi Phi memakan waktu 1,5 jam. Phi Phi Islands ini memang indaahhh banget. Pulau-pulau yang berbentuk tebing-tebing karst bertaburan di Laut Andaman dan warna laut yang bergradasi sangat menyenangkan untuk dilihat. Sekitar pukul 15.30 kami mendarat di Tonsai Pier (Koh Phi Phi Don).  Begitu mendarat kami langsung mencari tour agent untuk membeli tiket ferry balik ke Phuket seharga 300 Baht. Di tour agent itu kami diberi peta Phi Phi Don dan ditunjukkan dimana letak hotel kami. Lumayan banget dapet peta itu, kami jadi tau arah dan ga tersesat.

Ferry yang kami naiki merapat di Tonsai Pier
Ferry yang kami naiki merapat di Tonsai Pier

Phi Phi Islands dalam bahasa Thailand disebut Koh Phi Phi (‘Koh’ berarti pulau), terdiri dari beberapa pulau, yang terbesar adalah Phi Phi Don dan Phi Phi Leh. Phi Phi Don adalah pulau terbesar dari gugusan Kepulauan Phi Phi di Laut Andaman. Kepulauan Phi Phi berada di wilayah administrasi Provinsi Krabi. Akan tetapi dapat dicapai dengan jarak tempuh yang sama baik dari Phuket maupun Krabi. Phi Phi Don adalah base tempat menginap, sedangkan Phi Phi Leh adalah pulau tak berpenghuni namun bisa didatangi setiap hari. Tidak ada infrastruktur sama sekali di Phi Phi Leh kecuali toilet umum. Jika ingin menginap di Phi Phi Leh maka harus berkemah, ada operator tour yang menawarkan tour berkemah di Phi Phi Leh.

Phi Phi Don

Walking street in Phi Phi Don
Walking street in Phi Phi Don

Phi Phi Don adalah pulau yang sangat turistik. Jalannya sempit berupa pavement selebar 2 – 3 meter, di kanan kiri penuh dengan prasarana penunjang pariwisata. Mulai dari penjual souvenir, restoran, kafe, bar, mini market, penginapan, money changer, operator diving, dan operator tour memadati pulau ini. Di pulau ini juga terdapat Masjid, penduduk lokal tinggal di sekitar Masjid. Perlu diketahui, penduduk asli Phi Phi Don ini kebanyakan beragama Islam, seperti penduduk asli di Provinsi Krabi lainnya. Tidak ada kendaraan bermotor di Phi Phi Don. Alat transportasi disana hanyalah sepeda. Ada juga gerobak dorong yang dipergunakan untuk mengangkut barang, termasuk koper2 turis. Akan tetapi Phi Phi Don bukanlah pulau yang luas, jadi tidak akan capek mengelilinginya dengan berjalan kaki.

PP Insula Hotel

PP Insula
PP Insula

Hotel tempat kami menginap di Phi Phi Don bernama PP Insula. Letaknya tidak jauh dari dermaga. Hanya berjalan kaki sekitar 3 menit kami sudah sampai. Tipe kamar kami adalah standard twin bed dengan harga Rp550.000 per malam. Harga hotel di Phi Phi memang lebih mahal daripada di Phuket. Apalagi kami datang pada bulan November pada saat peak season, jadi harganya lebih mahal daripada bulan2 lain yang low season. Sebenernya ada alternatif  penginapan lain yang lebih murah, tapi kami tidak yakin dengan kondisi kamarnya. Kami menginap dua malam di hotel ini, kamarnya cukup luas dan sangat bersih, serta ada balkon yang menghadap ke dermaga. Kamar kami berada di lantai 3, tidak ada lift di hotel tersebut, tapi tidak masalah juga siy. Sebelum naik tangga, penghuni hotel diharuskan melepas alas kaki agar kebersihan hotel tetap terjaga. Kami juga diberikan kartu untuk membuka pintu hotel secara otomatis karena pintu hotel dikunci pada pukul 9 malam. Jadi setelah pukul 9 malam kami harus membuka pintu sendiri.

Loh Dalum Bay

Pelangi di Phi Phi
Pelangi di Phi Phi

Setelah meletakkan barang2 di hotel kami langsung cabut lagi. Tujuan kami adalah Loh Dalum Bay, sebuah pantai dengan pasir putih yang lembut, garis pantai yang panjang, serta air laut berwarna turquoise. Loh Dalum Bay terletak berkebalikan dengan Tonsai Bay. Jaraknya hanya 150 meter dari Tonsai Bay, tapi atmosfernya sangat berbeda dengan Tonsai Bay yang ramai dan sibuk, suasana disini sangat laid back. Pantai ini memiliki air yang dangkal dan tidak berombak, meskipun kita berjalan jauh tinggi airnya hanya sedalam pinggang. Karena waktu itu hari sudah sore, air laut di Loh Dalum Bay sedang surut. Sewaktu kami tiba disana cuaca mendung, kemudian gerimis turun. Tapi kami tetep asyik bermain2 dan berfoto2 disana. Tak lama kemudian, terlihat pelangi di langit. Woowww…. Pelangi di Phi Phi Island. So stunning….. Kayaknya udah lama banget ga lihat pelangi. Sekarang bisa lihat pelangi di Phi Phi. Indahnyaa…

Loh Dalum Bay
Loh Dalum Bay

Shopping in Phi Phi Don

Hujan turun semakin deras, kami buru2 ngabur dari Loh Dalum Bay. Kami berjalan di pinggir kios2 penjual souvenir yang ada di sepanjang jalan. Kios2 itu menjual kaos bertuliskan Phuket, gantungan kunci khas Thailand, magnet kulkas, tas, dan lain sebagainya. Sambil berjalan kami melihat2 kalo ada yang menarik untuk dibeli. Saya mencari kaos dan gantungan kunci yang bertuliskan Phi Phi Island, tetapi kok tidak ada yang menarik desain kaosnya. Sedangkan gantungan kunci sama sekali tidak ada yang bertuliskan Phi Phi. Gantungan kuncinya sama persis dengan yang dijual di Bangkok. Akhirnya saya membeli sebuah kaos bergambar shark dan bertuliskan Phi Phi Island seharga 150 Baht untuk oleh-oleh. Kemudian kami berjalan lagi dan di sebuah kios kami melihat tas kanvas bergambar ikan dan bertuliskan Phi Phi Island. Sepengetahuan kami hanya kios itu yang menjual tas tersebut. Kios2 lain hanya menjual tas2 khas Thailand yang biasa dijual di Bangkok. Jadi kami langsung membeli tas itu setelah menawarnya dengan harga 150 Baht.

Setelah itu kami mencari tour agent untuk membeli paket tour mengelilingi Phi Phi Islands. Ada beberapa paket tour yang ditawarkan antara lain half day tour, full day tour, dan camping in maya bay. Alat transportasi yang digunakan pun bermacam2, yang paling murah adalah menggunakan long tail boat. Selain itu ada big boat dan speed boat. Walaupun harganya termurah, saya tidak mau memilih long tail boat karena kapalnya sangat kecil. Pasti akan sangat menyiksa terombang-ambing di laut lepas dengan kapal yang kecil. Sedangkan speed boat terlalu mahal harganya. Akhirnya kami memilih full day tour dengan menggunakan big boat seharga 600 Baht. Jadwal tour kami akan dimulai pada pukul 10.00 besok, dan kami diminta untuk berkumpul di tour agent pukul 09.00 pagi.

Setelah mendapatkan paket tour, kami meneruskan berjalan untuk mencari oleh-oleh. Saya berulang kali melihat ke kios2 di kanan dan kiri untuk mencari kaos. Tapi tidak ada yang saya sukai, kebanyakan kaosnya berdesain sama antara satu kios dengan kios yang lain. Sampai akhirnya saya menemukan sebuah kios yang khusus menjual kaos dengan desain dan model yang unik. Ketika saya memasuki kios tersebut, pemiliknya menyapa saya dengan Bahasa Thailand (saya selalu saja disangka orang Thailand baik di Bangkok, Phuket, atau Phi Phi). Saya hanya tersenyum dan say hello menjawabnya. Kemudian dia baru sadar bahwa saya bukan orang Thailand, hehehe… Kaos2 yang dijual di kios ini benar2 berbeda dengan yang saya temui di seluruh kios di Phi Phi Don. Tidak ada yang menjualnya di kios lain. Ternyata sang pemilik yang seorang seniman (wajah si bapak ini typical wajah seniman di Jogja) itulah yang mendesain sendiri kaos2 tersebut. Saya sangat menyukai desain kaosnya yang bertemakan Phi Phi Islands, kaos2 seperti inilah yang saya cari2 sedari tadi, untung aja nemu. Harga kaosnya adalah 200 Baht (itu setelah kami tawar dengan memelas), memang harganya lebih mahal daripada kaos2 yang dijual di kios lain, tapi worth it kok. Kalau kalian berkunjung ke Phi Phi Don saya rekomendasikan untuk beli di kios ini, dijamin bagus dan ga ada di tempat lain (saya udh muterin Phi Phi Don dan Patong, emang bener2 ga ada lagi yang jual). Letak kios ini kalau dari PP Insula jalan ke arah kiri, ikuti jalan, trus ada pertigaan pertama belok ke kanan, kiosnya terletak sekitar 50 meter dari pertigaan (di sebelah kanan). Selain desain yang bagus, kaos disana juga bisa dipotong sesuai model yang kita inginkan. Saya meminta kaos saya dipotong menjadi fringe tee. Hasilnya kereennn……

Tonsai Pier
Tonsai Pier
Welcome to Phi Phi Island
Welcome to Phi Phi Island